Polres Ingatkan Sekolah Agar Hindari Kekerasan Fisik atau Verbal Saat Pengenalan Lingkungan Sekolah

Jember Hari Ini – Polres Jember mengingatkan sekolah agar menghindari kekerasan fisik atau verbal saat melakukan pengenalan lingkungan sekolah atau Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Demikian ditegaskan Kasat Binmas Polres Jember, AKP Veibe Panomban, usai rapat koordinasi bersama Kanit Binmas, Selasa siang. Menurut Viebe, saat ini sudah memasuki tahun ajaran baru, biasanya sekolah menggelar pengenalan lingkungan sekolah yang dulu disebut dengan Masa Orientasi Sekolah untuk mendekatkan siswa dengan sekolah yang baru. Menurut Viebe, pengenalan lingkungan sekolah atau Masa Oriantasi Sekolah harus diarahkan pada kegiatan positif yang bersifat mendidik dan manusiawi. Jika sampai terjadi kekerasan, pelaku kekerasan akan diproses secara hukum sesuai jenis pidana yang dilakukan. Kalaupun ada siswa baru yang melanggar aturan, tidak harus dijatuhi hukuman yang tidak mendidik. Misalnya saja disuruh menjawab pertanyaan untuk mengasah keilmuan siswa.

Veibe menambahkan, panitia, guru, siswa harus sama-sama menjaga agar pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah atau Masa Orientasi Sekolah tidak berakhir dengan kekerasan. (Fit)

Comments are closed.