Dinas Kesehatan Menghimbau Warga Yang Baru Datang Dari Luar Negeri Atau, Wilayah Endemi Covid-19, Segera Memeriksakan Diri Ke Puskesmas Terdekat

Dinas kesehatan menghimbau masyarakat Jember, yang baru datang dari luar negeri atau wilayah endemi virus corona, covid-19, diantaranya Bali, Jakarta dan beberapa wilayah lain, segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat.

Sebab, mereka masuk dalam kategori  orang sehat dalam resiko covid-19. Menurut PLT kepala dinas kesehatan kabupaten Jember, Dokter Dyah Kusworini Indriaswati, tidak setiap orang yang datang dari luar negeri atau daerah endemi covid-19, sudah menjalani pemeriksaan covid-19.

Ada tahapan pemeriksaan yang harus dilalui yakni  proses screening terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan pemeriksaan covid-19. Karena itu, mereka yang ingin  mengetahui apakah dia bebas dari covid-19 atau tidak, bisa menjalani pemeriksaan kesehatan di puskesmas terdekat.

Selama mereka tidak melapor atau memeriksakan diri ke puskesmas,  dinas kesehatan tidak bisa melakukan pemantauan. Apalagi pemeriksaan covid-19 di puskesmas sudah diumumkan sejak januari lalu. Dyah menambahkan, untuk proses deteksi dini, dinas kesehatan bekerja sama dengan kepala desa, RT, RW serta kantor imigrasi.

Diberitakan sebelumnya, dinas kesehatan merilis sebanyak 242 warga Jember masuk dalam pantauan dinas kesehatan. 170 orang diantaranya dinyatakan sehat, karena sudah  melalui tahapan pemantauan selama 14 hari. Sedangkan 16 orang diantaranya hingga saat ini masih masuk kategori  orang dalam pemantauan. (Hafid)

Comments are closed.