Jelang Keberangkatan, Komisi D Terima Banyak Keluhan JCH Belum Miliki Paspor

Mohammad Hafidzi Kholis

Jember Hari Ini – Ketua Komisi D DPRD Jember, Mohammad Hafidzi Kholis, mengaku menerima banyak keluhan dari masyarakat, khususnya Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat pada Juni 2023 ini.

Para Jemaah Calon Haji mengeluhkan belum memiliki paspor karena terkendala urusan administrasi. Sementara pada 13 Juni mereka harus berangkat ke tanah suci.

Hafidzi menyebut, komisi d akan segera memanggil pihak Kemenag Jember, untuk dimintai klarifikasi. Menurutnya, persoalan terhambatnya urusan paspor dan administrasi, belum pernah separah tahun ini.

Hafidzi menyebut, salah satu keluhan yang berdampak serius, yaitu sejumlah Jemaah Calon Haji pasangan suami istri. Bila salah satu dari mereka terlambat mengurus visa bio, maka tidak akan bisa berkumpul selama di Makkah. Persoalan ini, katanya, harus menjadi catatan serius agar tidak terulang dan bisa segera diantisipasi.

Pada 6 Mei 2023 lalu, Dispendukcapil juga melaporkan sebanyak 25 persen dari 1.949 orang Jemaah Calon Haji bermasalah dengan urusan administrasi kependudukan.

Terutama kesalahan identitas diri yang tidak selaras antara KK, KTP, ijazah hingga buku nikah. Akibatnya, pengurusan paspor juga terkendala. (Ulil-Hafit)

Comments are closed.