Bawaslu akan Panggil Bupati Faida dan Sejumlah Saksi Kasus Dugaan Pelanggaran Pemilu

Jember Hari Ini – Bawaslu Kabupaten Jember akan memanggil sejumlah saksi dan Bupati Jember, Faida, terkait kasus dugaan pelanggaran pemilu. Hal ini ditegaskan Komisioner Bawaslu Kabupaten Jember, Andika, menyusul temuan kasus dugaan kampanye yang dilakukan Bupati Jember, Faida, saat kongres perangkat desa. Apalagi video kampanye Bupati Faida menjadi viral di media sosial sudah diregister oleh Bawaslu sebagai pelanggaran pemilu.

Menurut Andika, setelah memanggil sejumlah saksi dan terduga pelaku pelanggaran Bupati Jember, Faida, Bawaslu akan menindaklanjuti dengan pembahasan bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Jika kasus bupati kampanye untuk suaminya yang maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI tersebut dinilai pelanggaran administratif, akan ditangani oleh Bawaslu. Namun jika kasus tersebut dinilai sebagai pelanggaran pidana pemilu, akan ditangani oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu, namun jika masuk pelanggaran hukum lain akan dilimpahkan ke Inspektorat Kabupaten.

Diberitakan sebelumnya, video Bupati Jember, Faida, ketika memberikan pengarahan dalam acara kongres perangkat desa sempat viral di media sosial. Dalam video tersebut sambil bergurau, Bupati Faida minta perangkat desa tidak meneriakan nama suaminya yang maju sebagai calon anggota legislatif DPR RI, yang terpenting justru mencoblos tanda gambar suaminya. (Fian)

Comments are closed.