RSD dr. Soebandi Diminta Tambah Tempat Tidur 40 Persen untuk Pasien Covid-19

Jember Hari Ini – Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Bupati Jember, Hendy Siswanto menginstruksikan RSD Dokter Soebandi Jember menambah tempat tidur 40 persen untuk pasien Covid-19. Jumlah ini lebih tinggi 10 persen dari instruksi pemerintah pusat karena Jember merupakan rumah sakit rujukan Jawa Timur Bagian Timur.

Menurut Bupati Hendy, RSD Dokter Soebandi Jember adalah rumah sakit rujukan tidak hanya melayani pasien Covid-19 dari rumah sakit di Kabupaten Jember. Namun juga melayani pasien dari Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang. Selain itu, Pemkab Jember juga menyiapkan tiga hotel yakni Hotel Kebon Agung, Bandung Permai, dan Jember Indah.  Sebab Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di RS rujukan Covid di Jember sudah mencapai 80 persen.

Sementara Direktur Rumah Sakit Daerah Dokter Soebandi Jember, dokter Hendro Soelistijono, sudah mempersiapkan tempat tidur khusus untuk melayani pasien Covid-19 sekitar 40 persen. Jumlah ini melebihi dari instruksi pemerintah pusat yang diharuskan menyiapkan 30 persen. Dia menjelaskan jumlah tempat tidur saat ini sebanyak 99 tempat tidur dengan bor sudah 80 persen atau sudah terisi 79 pasien. Karena itu, RSD Dokter Soebandi juga tengah menyiapkan 40 persen atau 39 ruangan lagi sehingga jumlah total ruangan sebanyak 138 ruangan tempat tidur. Meski demikian, Dokter Hendro berharap tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19. Masyarakat diharapkan patuh melaksanakan protokol kesehatan dan menjalankan PPKM darurat. (Hafid)

Comments are closed.