Dispenduk Capil Launching J-Lahbako, Cetak KK dan Akta Kelahiran Cukup di Kantor Desa

Hingga saat ini, sudah ada 74 desa di Jember saat ini sudah bisa melakukan pencetakan dokumen kependudukan sendiri. Demikian disampaikan kepala dinas kependudukan dan catatan sipil Pemkab Jember Isnaini Dwi Susanti Selasa siang.

Santi menjelaskan, aplikasi J-Lahbako sudah dilaunching Senin sore di kantor desa Kemuning Kidul Jenggawah. Pasca di Launching setidaknya sudah ada 74 desa, yang operatornya sudah mampu melakukan pencetakan mandiri khususnya Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

Dengan begitu saat ini masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Kecamatan ataupun Dispenduk untuk mencetak KK dan akta kelahiran. Tetapi untuk pencetakan E-KTP dan KIA tetap harus di kantor Kecamatan, karena hanya boleh dilakukan oleh petugas Dispenduk yang ada di setiap kecamatan.

Lebih jauh Santi menjelaskan, sebenarnya aplikasi J-Lahbako ini sudah bisa digunakan oleh seluruh desa. Tetapi baru 74 desa yang tenaga operatornya sudah mampu mengoperasikan aplikasi ini. Kedepan Dispenduk akan melakukan Bimtek operator aplikasi J-Lahbako secara serentak untuk operator seluruh desa yang ada di Jember.

Comments are closed.