Pemkab bersama Forkopimda akan Atur Distribusi Pupuk Bersubsidi,

Bupati didampingi Kapolres Jember saat mengecek kios pupuk.

Jember Hari Ini – Jatah pupuk subsidi di Jember berkurang hingga 50 persen. Bupati Jember, Hendy Siswanto, akan menyiapkan kebijakan agar jatah pupuk bersubsidi tidak habis di musim tanam pertama.

Bupati Hendy menjelaskan, Forkopimda sudah meninjau sejumlah kios pupuk yang ada di Jember. Ternyata ada sejumlah temuan diantaranya pupuk subsidi yang sering diborong oleh petani di musim tanam pertama. Akibatnya, lanjut Hendy, pada bulan musim tanam kedua atau ketiga, petani akan kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Karena itu, Pemkab bersama Forkopimda akan mengatur kembali proses distribusi pupuk bersubsidi. Selain itu, ada temuan ternyata sejumlah kios tidak memegang data petani yang berhak mendapatkan pupuk subsidi sehingga penjualan pupuk subsidi tidak teratur. Karena itu, menurut Hendy, pihaknya akan membuat kebijakan agar petani membeli pupuk subsidi dengan tertib dan tidak boleh diborong diawal sehingga pada musim tanam pertama hingga ketiga pupuk bersubsidi masih tersedia.

Hendy menambahkan, pihaknya juga mendapatkan informasi bahwa petani yang mendapatkan pupuk subsidi sedikit akan dicampur dengan pupuk organik. Hal ini menyebabkan hasil pertanian yang kurang maksimal. (Fian)

Comments are closed.