Pastikan Pasokan LPG 3 Kg untuk Jember Aman, Pertamina Tambah Stok 200.480 Tabung Per Hari

Jember Hari Ini – Pasokan LPG 3 kilogram di Kabupaten Jember periode April 2024 dipastikan aman. Sebab, Pertamina menambah pasokan tabung LPG hingga 274 persen dari kebutuhan per hari.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua Dpc Hiswana Migas Wilayah Karisidenan Besuki, Iqbal Wilda Fardana, menyusul informasi kelangkaan dan melambungnya harga LPG di Kabupaten Jember.

Dia menjelaskan, kelangkaan LPG 3 kg terjadi sebelum Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah karena banyak terserap UMKM sentra kue kacang di Kecamatan Mayang.

Selain itu, karena adanya panic buying dari masyarakat. Hal ini menyebabkan lonjakan harga hingga tembus antara Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per tabung.

Karena itu, lanjut Iqbal, dalam periode bulan April 2024, Pertamina  telah menambah pasokan LPG 3 kg di Kabupaten Jember sebanyak 200.480 tabung per hari.

Padahal, kebutuhan normal untuk Jember sebanyak 73.160 tabung per hari sehingga ada tambahan sebanyak 274 persen penyaluran tabung. Jumlah tersebut disalurkan ke seluruh pangkalan LPG 3 kg di Jember yang berjumlah 1.791 pangkalan resmi.

Menurut Iqbal, saat ini LPG 3 kg tidak langka lagi. Melambungnya harga terjadi karena pemerintah terlambat mengantisipasi, tidak membuat surat edaran ke kelurahan/desa di Kabupaten Jember.

Dia menjelaskan, Harga Eceran Tertinggi (HET) di pangkalan resmi Rp16 ribu. Menurutnya melambungnya harga di warung atau toko hingga Rp25 ribu bahkan ada Rp30 ribu terjadi  di luar kontrol Pertamina. 

Pengawasan tersebut sepenuhnya ada di Disperindag dan Aparat Penegak Hukum untuk menindak para pengecer yang menjual LPG 3 kg yang jauh di atas HET dari pemerintah. (Hafit)

Comments are closed.