Sepanjang Libur Lebaran, Volume Sampah di TPA Pakusari Justru Meningkat

Jember Hari Ini – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jember mencatat, sepanjang libur lebaran Idulfitri, jumlah volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pakusari justru terus mengalami peningkatan.

Kepala UPT TPA Pakusari, Masbut, mengatakan, pada hari biasa, jumlah sampah yang masuk ke TPA Pakusari rata-rata mencapai 190-an ton. Namun, ketika libur lebaran, terutama H-3 hingga H+3, jumlah sampah meningkat hingga 230 ton per hari.

Masbut mengatakan, jumlah sampah tidak terpilah dan paling banyak berasal dari rumah tangga. Meningkatnya jumlah sampah rumah tangga diperkirakan karena tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat saat menyambut saudaranya datang dari mudik.

Kendati demikian, sejak sepekan terakhir, Kamis 25 April 2024, jumlah sampah yang masuk ke TPA Pakusari berangsur menurun antara 194 hingga 197 ton per hari.

Lebih lanjut, Masbut mengimbau agar masyarakat lebih bijak dalam memilah sampah di skala rumah tangga, antara jenis organik dan sampah non-organik. Tujuannya, agar tidak terlalu banyak berakhir di TPA Pakusari. (Ulil)

Comments are closed.